Berkenalan Dengan HTML


HTML adalah dasar dari seluruh halaman web yang ada di internet.Dikarenakan HTML ini merupakan dasar, maka kita harus mempelajari HTML seperti pengertian, serta sejarah.

 

Pengertian

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language . Dari singkatan ini bisa kita simpulkan bahwa HTML bukan lah bahasa pemrograman melainkan dia adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Selain itu mengapa HTML Tidak layak disebut bahas program ?? karena HTML tidak bisa melakukan fungsi seperti bahasa program, dia tidak mengenal IF, ELSE, FUNCTION dsb.

Sejarah

HTML dicanangkan pertama kali oleh Tim Braners-Lee. Dia seorang ilmuwan dari inggris yang bekerja pada perusahaan CERN.

CERN merupakan perusahaan Penelitian Fisika Nuklir yang dimana penelitinya terdiri dari banyak universitas diberbagai negara.

Yang jadi pertanyaan, lalu bagaimana bisa dia menciptakan HTML???

Begini, Dia ingin membuat hasil penelitian dari suatu universitas mudah dilihat oleh universitas yang lain, maka dari itu Tim Barners-Lee pada tahun 1991 mempublikasikan dokumen berjudul: HTML Tags, pada awalnya Dia membuat HTML yang didasarkan kepada bahasa markup yang dikenal dengan SGML (Standard Generalized Markup Language) yang terdiri dari 18 element.

Dari 18 element tersebut, tidak semua berasal dari SGML, ada satu yang murni hasil pemikiran Tim Barners-Lee, yaitu hypertext link. Tag <a> dengan Attribut href. Dan ini merupakan pembeda SGML dan HTML.
Untuk menjalankan HTML, Dia mengembangkan web browser pertama yang dinamakan WorldWideWeb yang pada hari kemudian berganti nama menjadi Nexus, hasil rancangan nya ini menarik perhatian ilmuwan komputer dari seluruh dunia
.
Tahun 1993, mulai muncul berbagai web browser untuk menampilkan HTML, mulai dari Lynx, serta Mosaic dll.
HTML pun berkembang dari HTML versi 1.0 hingga sekarang HTML5.

Terimakasih Telah Membaca Artikel Tentang Berkenalan Dengan HTML Semoga Bermanfaat





0 Response to "Berkenalan Dengan HTML"

Posting Komentar